Menu

    Program PBB untuk HIV/AIDS (UNAIDS) menunjuk perancang busana dan mantan anggota kelompok Spice Girls, Victoria Beckham, sebagai duta.

    Victoria  mengaku terilhami untuk membantu setelah kunjungannya ke klinik HIV di Afrika Selatan. Kata dia, kunjungan itu “mengubah hidupnya”. Setelah ditunjuk sebagai duta besar, Victoria berjanji akan fokus pada upaya memastikan bahwa semua anak dilahirkan bebas dari HIV.

    Ia juga ingin memastikan agar anak-anak dan perempuan yang hidup dengan dan terkena dampak HIV memiliki akses ke obat-obatan dan perawatan..

    “Membutuhkan 40 tahun bagi saya untuk menyadari bahwa saya memiliki tanggung jawab sebagai seorang wanita, sebagai seorang ibu, saya memiliki suara yang akan didengar oleh orang,” katanya dalam konferensi pers di PBB di sela-sela Majelis Umum PBB.

    “Saya tidak akan duduk di sini dan berpura-pura tahu segalanya sekarang, saya tidak tahu, saya belajar,” kata Victoria, seraya menambahkan bahwa ia berencana untuk melakukan kunjungan lapangan guna mempelajari lebih lanjut tentang masalah ini dan bagaimana dia bisa membantu.

    Sub-Sahara Afrika adalah wilayah paling terdampak oleh HIV dengan 24,7 juta orang divonis HIV-positif pada tahun 2013. Sekitar 58 persen diantaranya adalah perempuan. Sementara itu 85 persen perempuan hamil dengan HIV juga berada di kawasan itu, menurut UNAIDS.

    Bulan lalu Victoria melelang 600 potong pakaian, termasuk beberapa gaun malam, untuk menggalang dana dan kepedulian bagi ibu yang hidup dengan HIV di sub-Sahara Afrika.

    UNAIDS mengatakan bahwa pada 2013, sepertiga dari wanita hamil yang hidup dengan HIV tidak memiliki akses ke obat yang dapat menyelamatkan jiwa dan sekitar 240 ribu anak-anak terinfeksi HIV. Namun dalam lima tahun terakhir akses ke obat-obatan antiretroviral bagi ibu hamil dengan HIV telah membantu 900 ribu anak untuk dilahirkan tanpa HIV.


    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Top