Menu

    Seorang perancang busana biasanya membuat karya rancangan yang ditujukan bagi klien ataupun orang lain. Tapi, tidak demikian dengan Iris Slappendel. Selain menjadi pembalap profesional, ia juga tercatat sebagai pemenang dalam ajang balap sepeda dunia wanita dan membuatnya menjadi orang pertama yang berhak mengenakan kaus khusus (jersey) hasil rancangannya sendiri. Ini menjadi catatan tersendiri lantaran belum pernah terjadi sebelumnya. 

    Sebagaimana dikutip dari situs resmi UCI, momen istimewa tersebut terjadi ketika Iris Slappendel bertarung dalam ajang Rental Boels Ronde van Drenthe - seri pembuka kejuaraan dunia 2014 untuk kategori Jalan Raya – di Belanda pada 15 Maret lalu. 

    Kisah jersey karya Iris Slappendel berawal ketika Union Cycliste Internationale  (UCI) menggelar kompetisi desain kaus khusus edisi baru bagi pemenang dalam ajang Piala Dunia 2014 pada tahun lalu. Iris  ikut serta dalam kompetisi tersebut dan berhasil keluar sebagai menang.  Atas kemenangannya itu, Iris pun berhak mendapatkan hadiah, yakni mengikuti  tur untuk menonton putaran Piala Dunia Wanita.

    "Well, setidaknya, jika saya tidak terpilih naik podium (sebagai pemenang), saya akan mendapatkan perjalanan untuk menonton rekan tim saya," canda pembalap tim Rabo Liv tersebut.

    Bagi Iris Slappendel, bersepeda dan mendesain adalah hal yang tak bisa dipisahkan. Baginya, mendesain menjadi bentuk relaksasi yang dapat memberikan keseimbangan dalam hidupnya. Walau fokus sebagai atlet balap sepeda, ia juga tetap melakukan pekerjaannya sebagai desainer.

    "Ketika saya bangun di pagi hari, yang saya pikir pertama adalah tentang bersepeda. Tapi, ketika di atas sepeda, saya juga berpikir tentang mendesain. Terkadang saya mendapatkan inspirasi saat berada di atas sadel sepeda saya," ungkapnya.

    Iris lebih banyak mencurahkan waktunya untuk mendesain pada musim dingin, ketika jadwal pelatihannya lebih ringan. "Setelah pulang dari pelatihan, saya duduk di belakang komputer atau mesin jahit," tutur pembalap yang bersinar dalam ajang Open de Suède Vårgårda pada 2012 silam itu. 

    Pada 30 Maret mendatang, Iris Slappendel akan memulai ajang Trofeo Alfredo Binda - Comune di Cittiglio - dengan mengenakan kaus khusus kebanggaannya. Tapi, ia juga bertekad untuk dapat pemimpin lomba sekaligus mengenakan jersey-nya, meskipun menurutnya, kemungkinan itu tidaklah besar.

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Top